Salah satu negara di timur tengah yang memiliki keunikan tersendiri adalah Turki. Keunikan dari negara tersebut yaitu perpaduan budaya serta tradisi antara muslim Asia dengan Eropa. Hal itulah yang membuat Turki memiliki gaya arsitektur bangunan berbeda dari kebanyakan negara lainnya. Selain itu, keunikan juga terlihat pada beberapa jenis kuliner beserta tradisi masyarakatnya. 

Tidak heran jika Turki menjadi salah satu negara di daerah timur tengah yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Dalam hal ini, Turki memiliki berbagai destinasi wisata yang memberikan keindahan tersendiri berkat keunikannya. 

Selain itu, tempat-tempat wisata tersebut juga mampu memberikan suasana romantis dengan adanya gaya arsitektur yang klasik. Adapun beberapa wisata halal dan juga romantis di Turki yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi yaitu sebagai berikut ini. 

 
  • Cappadocia

    Merupakan tempat destinasi wisata yang sangat populer akan balon udaranya di Turki. Di Cappadocia, para pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan berupa batu-batuan yang indah dan unik. 

    Selain itu, pengunjung juga dapat menaiki balon udara untuk dapat menikmati keindahan dari Cappadocia dari ketinggian. Tempat wisata di Turki ini juga terletak dekat dengan destinasi wisata lainnya. Diantaranya yaitu terdiri dari Goreme, Ihlara valley, Avanos, dan Selime. 

  • Konya

    Tempat wisata ini merupakan salah satu dari destinasi wisata religi yang ada di Turki. Dalam hal ini, Konya menjadi tempat untuk berziarah ke makam salah satu penyair muslim terkenal yaitu Jalaludin Rumi. Selain itu, Konya juga memiliki bangunan sederhana namun didesain dengan arsitektur luar biasa. Tempat yang unik ini tentu akan sangat sayang untuk dilewatkan jika mengunjungi negara Turki. 

  • Selcuk

    Destinasi wisata lain yang tidak kalah menarik yaitu Selcuk dengan menghadirkan peninggalan sejarah Turki. Peninggalan sejarah tersebut merupakan bangunan yang hadir sejak masa Romawi dan Yunani kuno.  Beberapa diantaranya yaitu Library of Celcius dan Kuil Arthenis. Selain itu juga terdapat bangunan peninggalan sejarah lainnya seperti The Great Theater dan Terrace House. Adapun letak dari semua peninggalan bersejarah tersebut berada di Ephesus Archaeological Site. 

  • Hagia Sophia

    Bangunan bersejarah lain yang terkenal di Turki yaitu Hagia Sophia, sebuah museum berisi sejarah peradaban Islam di Turki. Sebelum menjadi sebuah museum, Hagia Sophia memiliki sejarah cukup panjang dalam penetapan fungsinya. Pada awalnya, bangunan ini merupakan gereja orthodox yang kemudian beralih fungsi menjadi sebuah masjid. 

    Hal tersebut terjadi ketika Istanbul berhasil dikuasai oleh pemerintahan kaisar Ottoman. Itulah kenapa Hagia Sophia memiliki dua gaya bangunan yaitu gaya bangunan masjid sekaligus gereja. Akan tetapi setelah dibangunnya masjid biru yang berada di dekat bangunan bersejarah ini. Maka pemerintahan Turki mengalihfungsikan bangunan Hagia Sophia sebagai museum bersejarah. 

  • Istanbul

    Turkimemiliki beberapa kota yang cukup terkenal hingga mancanegara, salah satunya yaitu Istanbul. Kota inilah yang mampu menyuguhkan berbagai bangunan dengan gaya arsitektur khas dan unik. Selain itu, Istanbul juga memiliki salah satu bangunan bersejarah yaitu Topkapi Palaceyang merupakan tempat tinggal dari tokoh penyebar Islam di Turki, kaisar Ottoman. 

  • Pamukkale

    Destinasi wisata Turki lainnya yang mampu memberikan pemandangan berbeda adalah Pamukkale. Tempat ini memiliki pemandangan yang sekilas akan terlihat seperti istana kapas dengan dominan warna putihnya. Adapun wujud asli dari pemandangan berwarna putih tersebut adalah berupa batu-batuan. 

    Adapun pengakuan dari wisatawan yang pernah mengunjungi tempat ini mengatakan bahwa bebatuan tersebut terasa seperti salju. Hal tersebut dapat diketahui setelah wisatawan menginjaknya dan lebih lanjut berkata bahwa teksturnya lembutbagaikan salju. 

    Selain itu, di Pamukkale para wisatawan juga dapat menemukan tempat pemandian air panas alami. Tentu saja para pengunjung dapat bersantai sambil berendam di salah satu tempat terkenal dalam hal ini. Tempat tersebut adalah kolam renang Hierapolis yang disebut juga sebagai kolam renang kesehatan. 

  Nah, itulah beberapa tempat wisata halal dan romantis di Turki yang dapat dikunjungi. Dengan mengunjungi tempat-tempat diatas maka liburan akan dapat dinikmati dengan suasana yang berbeda dan menarik tentunya.