Indonesia merupakan negara yang terkenal akan segala keindahan alam beserta ragam budayanya. Hal tersebut telah berhasil membuat Indonesia menjadi negara yang cukup banyak mendapat kunjungan dari wisatawan mancanegara. Selain itu, Indonesia juga merupakan negara dengan penduduknya yang mayoritas beragama muslim. 

Kondisi tersebut juga membuat Indonesia bersaing dengan negara Malaysia dan Uni Emirat Arab dalam menghadirkan konsep wisata halal. Kementerian Pariwisata mengatakan bahwa konsep wisata halal atau family friendly tourism juga menjadi penyebab banyaknya turis mancanegara mengunjungi Indonesia. 

Wisata Halal yang Terkenal di Indonesia 

Hal tersebut dibuktikan dengan peringkat ketiga yang diraih oleh Indonesia dalam rating GMTI (Global Muslim Travel Index). Berdasarkan hal tersebut, pemerintah semakin mengembangkan konsep wisata halal untuk dapat meraih peringkat pertama di tahun-tahun mendatang. Adapun daerah-daerah yang memiliki daya tarik tersendiri bagi turis mancanegara akan wisata halalnya di Indonesia yaitu sebagai berikut ini. 

  1. Nusa Tenggara Barat  Daerah di pulau yang terletak bersebelahan dengan Pulau Bali, tepatnya Nusa Tenggara Barat mengalami tingkat kunjungan wisata cukup pesat. Wisatawan yang datang juga dari berbagai daerah mulai dari dalam hingga luar negeri.  Daya tarik wisata yang terdapat di daerah ini adalah berbagai pantai indah seperti Gili Trawangan, Senggini, Kuta, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, NTB juga memiliki destinasi wisata alam lainnya yang menarik perhatian wisatawan. Tempat wisata tersebut tidak lain adalah Gunung Rinjani dengan pesona indahnya. 

  2. Aceh 

    Daerah selanjutnya yang tidak kalah dalam menghadirkan wisata halal yaitu Aceh. Sebagai daerah yang cukup fanatik dengan ajaran agama Islam tentu Aceh tidak ingin kalah dengan daerah lainnya. Destinasi wisata menarik yang hadir di daerah ini yaitu Meseum Banda Aceh dan Pusat Kebudayaan Islam. 

  3. Sumatera Barat 

    Beralih ke daerah yang tidak jauh dari Aceh yaitu Sumatera Barat. Provinsi tersebut juga memiliki cukup banyak spot menarik yang ditawarkan untuk wisatawan muslim. Seperti kepulauan Mentawai dan Danau Singkarak yang sedang dipromosikan saat ini. Selain itu, daerah ini juga telah berhasil mendapatkan juara pada Kompetisi Pariwisata Halal Nasional. 

    Kompetisi tersebut diselenggarakan langsung oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia. Tidak tanggung-tanggung, daerah ini bahkan dapat mengantongi empat kategori yang dapat dimenangkannya. Kategori tersebut terdiri dari restoran halal terbaik, biro perjalanan wisata halal terbaik, kuliner halal terbaik, dan destinasi wisata halal terbaik. 

  4. Jawa Timur

    JawaTimur memiliki destinasi wisata alam cukup terkenal yaitu gunung Semeru dan Bromo. Kedua tempat wisata tersebut menjadi spot yang diandalkan sebagai halal tourism di daerah ini. Hal tersebut dikarenakan berbagai fasilitas penunjang seperti mulai dari transportasi hingga akomodasi sudah cukup memadai. 

  5. Jawa Tengah

    Jika di daerah lain menawarkan pemandangan alamsebagai destinasi wisata andalannya. Maka Jawa Tengah memiliki keunikan tersedia dengan hadirnya candi Borobudur yang sudah mendunia. 

    Hal tersebut juga menjadi salah satu penyebab mengapa daerah ini menjadi destinasi idaman bagi para traveler dunia. Selain itu Jawa Tengah juga memiliki destinasi wisata lain yang tidak kalah menarik yaitu Karimun Jawa. 

  6. Kalimantan Timur

    Meskipun kurang memiliki kesan akan destinasi wisata, daerah ini sudah mulai bergeliat di sektor pariwisata. Adapun daerah yang menjadi target sebagai tempat wisata adalah kabupaten Berau. Bahkan Ketua Tim Percepatan Pengembangan Wisata Halal juga berharap bahwa daerah tersebut dapat masuk dalam kategori wisata halal Indonesia. 

  7. Yogyakarta 

    Daerah di Pulau Jawa yang juga tidak kalah menarik akan destinasi wisatanya yaitu Yogyakarta. Daerah ini memiliki ciri khas tersendiri dengan adanya tempat-tempat bersejarah seperti Tamansari dan berbagai candi. Meskipun tidak banyak wisatawan muslim yang datang ke daerah ini. Namun hal tersebut tidak menutup kemungkinan untuk membuat Yogyakarta menjadi tempat wisata halal kedepan nya. 

  8. Sumatera Selatan 

    Daerah terakhir yang memiliki potensi untuk dijadikan sebagai tempat wisata halal adalah Sumatera Selatan. Daerah ini sudah merencanakan peluncuran wisata halal sejak tahun 2016. Langkah tersebut dilakukan untuk mendukung pencapaian kesuksesan Indonesia dalam ajang World Halal Tourism pada tahun yang sama. 

 

Itulah beberapa daerah yang menjadi spot-spot bagi wisatawan muslim baik dari domestik maupun mancanegara. Berbagai daerah dengan masing-masing spot wisata diatas tentu dapat dipilih untuk mengisi waktu liburan secara halal.