Wisata kuliner sepertinya adalah salah satu jenis wisata yang paling banyak dilakukan. Tahukah Anda bahwa wisata bukan hanya wisata kuliner saja. Ada banyak jenis wisata yang lainnya yang tidak kalah serunya. Mulai dari wisata belanja, wisata alam, wisata edukasi sampai dengan wisata ziarah. Wisata ziarah sendiri banyak diminati oleh para wisatawan muslim dengan menggunakan travel halal.

Tentunya akan sangat menyebalkan ketika Anda berlibur yang seharusnya membuat Anda senang namun pada akhirnya malah menjadi pengalaman yang tidak ingin diingat. Misalnya seperti salah dalam memilih agen travel. Memang tidak terlalu mengherankan sebab saat ini agen travel sudah menjamur dimana-mana. Mulai dari perusahaan yang besar sampai dengan agen perjalanan pribadi yang bermoral situs online serta sosial media.

Lalu bagaimana sih tips memilih travel halal untuk wisata ziarah? Sebenarnya dalam memilih travel agen tergantung dari konsumen sendiri. Ia harus benar-benar pintar dalam memilihnya dan tidak boleh asal-asalan supaya tidak tertipu. Nah, Berikut ini akan kami berikan tips untuk memilih travel halal untuk wisata ziarah.

  • Aman

    Tips pertama untuk memilih travel halal untuk wisata ziarah yakni pastikan bahwa agen travel tersebut aman dan bukan penipu.  Jangan sampai ketika kita sudah membayar uang dan ternyata pemiliknya malah menghilang.  Cara paling mudah untuk mengetahui apakah travel halal tersebut aman atau tidak yaitu dengan melihat testimoni dari para pelanggan sebelumnya. Selain itu, Anda juga bisa mencari tahu tentang informasi agen travel hal tersebut kepada saudara, teman maupun di internet.

  • Teliti Sebagai Konsumen

    Tips selanjutnya dalam memilih travel halal untuk wisata ziarah yakni Anda sebagai konsumen haruslah teliti. Karena biasanya kesalahan dalam memilih agen travel bukanlah berasal dari agen travel tersebut melainkan karena ketidaktelitian dari konsumen. Oleh karena itu teliti baik-baik setiap jasa dan juga barang yang akan Anda beli dari agen travel. Yang paling utama adalah pelayanan apa saja yang bisa Anda peroleh dan tidak bisa Anda peroleh.

    Contohnya ketika Anda beli tiket pesawat, maka pastikanlah apabila Anda ingin adanya perubahan maupun pembatalan tanyakan bagaimana penggantiannya. apabila membeli paket tour maka jangan lupa untuk meminta rincian jadwal serta pengeluaran apa saja yang tidak bisa Anda dapatkan. Selain itu, janganlah Anda sampai malas untuk mengkonfirmasi hotel yang telah dipesan. Hal tersebut dikarenakan jangan sampai hotel yang sudah dipesan tersebut ternyata masih belum menerima pesanan ketika Anda sudah datang.

  • Pilih Agen Travel Profesional

    Selanjutnya Anda bisa memilih agen travel yang sudah profesional yang tentunya mereka akan bisa menjelaskan seluruh tempat yang nantinya akan dikunjungi untuk wisata ziarah secara detail.

  • Pilih Agen Travel yang Sesuai Spesialisasi
  • Sebenarnya spesialisasi ini tidaklah formal, faktanya pada setiap agen travel punya spesialisasi sendiri yang berdasarkan pada pelayanan dan juga destinasi. Spesialisasi tersebut biasanya berdasarkan pada wilayah. Para agen travel punya banyak pengalaman dan juga relasi jaringan yang berbeda-beda mana yang lebih kuat pada suatu wilayah tertentu.

  • Pilih yang Punya Jaringan Luas

    Tips terakhir dalam memilih travel halal yakni pilihlah yang memiliki jaringan luas.  Mulai dari jaringan maskapai penerbangan, hotel dan yang lainnya.

 

Nah, itulah tadi tips memilih travel halal untuk wisata ziarah yang perlu Anda ketahui Supaya Anda tidak tertipu dengan banyaknya agen travel halal yang bermunculan saat ini. Jadi tunggu apa lagi, yuk pakai travel halal untuk berwisata ziarah.