Laporan keuangan merupakan salah satu hal penting agar bisnis tetap berjalan dengan baik dan lancar dimana jika laporan keuangan disusun secara tidak konstan dan rapi. Maka hal tersebut dapat menimbulkan masalah, dapat berupa kebocoran aset baik dalam bentuk uang maupun barang yang tentu akan sangat merugikan. 

Secara umum, laporan keuangan terbagi menjadi dua macam yaitu laporan keuangan konvensional dan laporan keuangan syariah. Hal yang membedakan antara kedua jenis laporan tersebut yaitu pada prinsip dari pelaksanaan bisnisnya. Dimana laporan keuangan konvensional merupakan hasil dari bisnis yang menggunakan prinsip umum. 

Sedangkan laporan keuangan syariah disusun dari suatu bisnis atau usaha yang dijalankan dengan prinsip syariah. Namun, meskipun memiliki prinsip berbeda, laporan keuangan antara kedua jenis tersebut memiliki manfaat yang sama. Manfaat dari laporan keuangan sendiri tidak hanya dapat dirasakan oleh satu pihak saja. Akan tetapi dapat dirasakan oleh berbagai pihak terkait yaitu terdiri dari sebagai berikut ini. 
 

  • Pemberi Pinjaman

    Laporan keuangan tentu sangat bermanfaat bagi pihak pemberi pinjaman dalam membantu menjalankan bisnisnya. Hal tersebut dikarenakan laporan keuangan akan memberikan informasi terkait kondisi keuangan dalam suatu bisnis. Lebih lanjut, informasi tersebut nantinya akan dapat dijadikan sebagai acuan dalam menerima maupun menolak pengajuan pinjaman. 

    Dengan kata lain, pemberi pinjaman atau kreditur akan mempertimbangkan pemberian pinjaman setelah mengetahui informasi dari laporan keuangan terkait. Pertimbangan tersebut tentu berkaitan dengan kesanggupan dalam melunasi pembayaran yang didasarkan pada laporan keuangan terkait.

  • Supplier

    Laporan keuangan juga memberikan manfaat bagi seorang supplier ketika sebuah perusahaan ingin membeli barang dengan sistem kredit. Sama halnya dengan pihak pemberi pinjaman, informasi yang terdapat pada laporan keuangan akan dijadikan sebagai bahan pertimbangan. 

    Apakah pengajuan pembelian barang dengan sistem kredit dari suatu perusahaan dapat diterima atau sebaliknya. Apabila laporan keuangan perusahaan menunjukkan ketidakmampuan dalam membayar cicilan. Maka supplier tentu tidak memiliki alasan untuk dapat menerima pengajuan dari perusahaan tersebut. 

  • Manajemen Perusahaan

    Pada suatu perusahaan, laporan keuangan merupakan hal yang wajib untuk dibuat karena memiliki peran penting dalam manajemennya. Berdasarkan hal tersebut, pihak manajemen perusahaan akan menggunakan laporan keuangan untuk mengetahui serta memastikan semua proses dalam perusahaan. Melalui laporan keuangan, pihak manajemen akan dapat mengetahui manakah proses yang sedang berjalan dengan baik atau mengalami kendala. 

  • Investor Manfaat dari laporan keuangan bagi seorang investor yaitu untuk mengetahui penggunaan modal yang telah diberikan. Melalui laporan keuangan maka para investor akan mengerti apakah modal yang telah diberikan sudah digunakan dengan tepat atau tidak. Dengan demikian, para investor juga akan dapat memutuskan apakah investasinya dapat dilanjutkan untuk dapat membuahkan hasil atau sebaliknya. 

  • Pemerintah

    Laporan bisnis juga memberikan manfaat kepada pemerintah dalam urusan pajak yang harus disetorkan oleh perusahaan atau pebisnis. Melalui adanya laporan keuangan maka besar pajak yang harus disetorkan akan menyesuaikan nilai yang terdapat pada laporan keuangan bisnis. Dengan demikian, peraturan dalam urusan perpajakan juga akan dapat dijalankan sesuai dengan ketentuan dari pemerintah. 

  • Karyawan

    Sebagian besar orang mungkin akan berpikir bahwa laporan keuangan tidak berarti bagi seorang karyawan. Perlu diketahui bahwa seorang karyawan juga memiliki rasa ingin tahu mengenai laporan keuangan dari perusahaan terkait. Hal tersebut dikarenakan laporan keuangan akan menjadi penentu dalam kemampuan gaji yang bisa diterima oleh karyawan nantinya. 

    Dalam hal ini, pihak perusahaan akan dapat menjamin gaji dari karyawan untuk bisa diajak bekerja sama. Dengan demikian, melalui laporan keuangan tersebut karyawan juga akan yakin untuk diajak bekerja sama dengan perusahaan tersebut. 

Itulah beberapa pihak yang bisa merasakan manfaat dari laporan keuangan konvensional maupun laporan keuangan syariah. Melalui informasi terkait laporan keuangan diatas maka juga akan dapat diketahui bahwa laporan keuangan merupakan hal yang sangat penting dalam dunia bisnis.