Obat-obatan pastinya sudah menjalani penelitian serta pengujian yang sangat lama demi kesehatan dari manusia itulah mengapa Anda pun juga harus mengetahui dan memastikan obat mana yang asli dan yang palsu. Selain itu obat-obat yang beredar seharusnya telah memiliki izin resmi dari BPOM bahkan telah memiliki sertifikat halal dari MUI jika melihat dari banyaknya umat muslim di Indonesia.

Akan tetapi semakin berkembangnya zaman rupanya menjadikan teknologi canggih sehingga mengakibatkan banyak orang yang tidak bertanggung jawab di mana mereka mengedarkan obat-obatan palsu. Yang pastinya sangat berbahaya hanya memikirkan bagaimana meraih keuntungan dengan cepat. Apalagi banyak obat palsu yang dijual dengan harga yang murah, sehingga banyak orang yang tertarik untuk membeli padahal belum terjamin bagaimana kualitas serta keamanannya. Nah berikut ini adalah beberapa ciri-ciri dari obat-obatan yang memiliki izin BPOM dan halal MUI:


Adanya nomor resmi dari BPOM yang tercantum

Untuk ciri yang pertama adalah terdapat nomor BPOM yang tercantum di kemasan obat. Dikarenakan banyak sekali orang yang memanipulasi nomor BPOM sehingga Anda pun bisa mencari nomor BPOM tersebut di link pencarian obat-obatan BPOM sehingga Anda pun bisa mengetahui apakah obat tersebut memang benar-benar tercantum dengan nomor BPOM tersebut. Ciri yang seperti ini perlu untuk Anda ketahui sebab jika obat-obatan tidak memiliki nomor izin edar BPOM maka dipastikan jika obat tersebut masih belum aman untuk dikonsumsi.


Terdapat label halal di kemasan

Pastinya Anda pun sudah pernah melihat bagaimana label halal di beberapa kemasan kosmetik dan juga makanan. Nah, untuk lebaran yang berada di kemasan obat obat juga bersama dengan label pada kemasan kosmetik dan juga makanan yang patut untuk Anda cermati. Ketika Anda kurang yakin dengan produk tersebut maka Anda bisa mengecek apakah benar jika produk obat tersebut telah terdaftar dan memiliki sertifikat halal dari MUI dengan mengunjungi link MUI di mana anda pun bisa mengakses dengan mudah.


Memiliki kemasan yang tidak sobek

Kemasan memang sangat penting dikarenakan kemasan yang masih utuh dan aman pastinya akan membuat obat-obatan yang berada di dalamnya tidak terkontaminasi oleh udara luar. Biasanya pada kemasan obat yang asli akan menggunakan plaster sehingga mampu menutup rapat kemasan obat tersebut yang mana plaster itu hasil buatan dari perusahaan yang membuat obat. Sehingga pada saat Anda telah menemukan obat dengan kemasan yang sudah tidak utuh lagi maka dipastikan jika obat tersebut adalah obat palsu.


Melihat dari warna obat

Warna merupakan salah satu ciri dari obat-obatan, itulah mengapa Anda harus mencermati hal tersebut. Ketika Anda telah terbiasa mengkonsumsi obat dengan warna kuning kemerahan lalu kemudian Anda membeli lagi yang ternyata obat tersebut memiliki warna kuning yang cerah. Maka Anda pun perlu mencermati obat tersebut apakah betul betul obat yang asli atau palsu. Karena tidak mungkin jika perusahaan tidak memberitahukan jika obat telah berganti warna. Terlebih lagi kemasan dari obat tersebut cukup berbeda dengan kemasan obat yang telah anda beli sebelumnya.

Nah, bagi Anda yang ingin membeli obat dengan nomor izin BPOM serta memiliki sertifikat halal MUI maka harus mengetahui ciri-ciri seperti di atas. Semoga saja ulasan di atas bisa memberikan manfaat dan berguna bagi Anda semua.