Korea memang menjadi Negara yang paling banyak dikunjungi, khususnya orang-orang Indonesia. Jika setiap orang ditanya, apakah ingin berkunjung ke Korea? Pastinya setiap orang sepakat ingin kesana. Selain biaya yang terkadang menjadi kendala, makanan halal di Korea juga menjadi kendala tersendiri. Pasalnya sebagai orang muslim, makanan halal selalu dicari ketika keluar negeri.  Namun, bagi Anda yang ingin berkunjung ke Korea tak perlu khawatir. Karena di Korea masih ada beberapa halal food yang enak. Meski tak terbiasa makan-makanan luar negeri, namun rasanya cukup enak-enak. Nah, untuk lebih jelasnya berikut ini 7 jenis makanan halal di Korea.  

  1. Cikin
  2. Rekomendasi makanan halal yang pertama yaitu Cikin atau makanan dari bahan dasar daging ayam yang dibalut dengan bumbu sedap ala Korea. Makanan ini terasa lebih nikmat, karena dihidangkan dengan sejenis lobak sebagai penyeimbang. Jika di Indonesia, Cikin merupakan ayam goreng yang dibumbui. Namun, bedanya Cikin di  Korea sering dinikmati tanpa nasi. Biasanya, kebanyakan orang Korea menikmati Cikin ini sambil dinikmati dengan sebotol soda.

  3. Samgyetang 
  4. Samyetang. Sumber foto: https://www.maangchi.com/recipe/samgyetang
    Rekomendasi halal food yang selanjutnya yaitu Samgyetang. Samgyetang merupakan sub ayam yang direbus hingga empuk atau kurang lebih 2-3 jam. Untuk masalah rasa, sudah tidak perlu diragukan lagi.  Jika di Indonesia, Samgyetang ini hampir sama dengan sop buntut. Ketika Korea musim dingin, makanan ini sangat tepat untuk dinikmati. Selain nikmat, makanan ini halal untuk dikonsumsi orang muslim.

  5. Bulgogi
  6. Bulgogi daging sapi/beef bulgogi. Sumber foto: https://seonkyounglongest.com/bulgogi/
    Bulgogi adalah makanan berupa lembaran-lembaran daging tipis yang dipanggang. Selain itu, daging tipis ini juga bisa ditumis. Selain itu, makanan ini juga biasa disajikan dengan sup kuah lezat. Bulgogi menjadi menu pilihan terbaik ketika turis muslim datang ke Korea.

  7. Mul naengmyeon 
  8. Mul Naemyong Cold Noodle. Sumber foto: https://kimchimari.com/mul-naengmyeon-korean-cold-noodle-soup/
    Bagi pecinta mie, Mul Naengmyeon merupakan mie dengan kuah dingin yang siap memanjakan lidah Anda. Makanan ini sangat cocok dimakan ketika musim panas datang. Mie ini juga menjadi pilihan kedua ketika Anda bosan makan nasi. Untuk rasa, tentu saja tak perlu Anda ragukan lagi. Dijamin Anda ketagihan.

  9. Dakgalbi 
  10. Dakgalbi (Spicy stir-fried chicken with vegetables) .Sumber foto: https://www.maangchi.com/recipe/dakgalbi/comment-page-2
    Halal food yang selanjutnya yaitu Dakgalbi. Makanan ini adalah makanan khas Korea Selatan yang terdiri dari ayam berbumbu. Biasanya, ayam ini dihidangkan bersamaan dengan sayuran yang ditumis dengan saus gochujang atau satu jenis saus yang sangat terkenal di Korea. Dengan perpaduan daging yang empuk serta enaknya tumis sayur, dijamin bisa memanjakan lidah Anda. Ketika Anda berkunjung ke Korea, jangan lewatkan untuk mencicipi makanan yang satu ini.

  11. Kimchi bokkeumbap 
  12. Shrimp and kimchi fried rice. Sumber foto: http://honestcooking.com/shrimp-kimchi-fried-rice/
    Di Korea terdapat nasi goreng khas yang dicampur dengan kimchi yang bernama Kimchi bokkeumbap. Apalagi jika Anda termasuk penggemar kimchi, makanan yang satu ini menjadi andalan kebanyakan orang ketika berkunjung ke Korea.

  13. Doenjang-jjigae 
  14. Doenjang-jjigae. Sumber foto: https://en.wikipedia.org/wiki/Doenjang-jjigae
    Rekomendasi makanan halal di Korea yang terakhir yaitu Doenjang-jjigae. Makanan ini  berupa kuah yang diisi dengan bahan utama sayuran, tahu, dan pasta kacang yang sudah difermentasi, sehingga aman untuk dikonsumsi orang muslim. Doenjang-jjigae menjadi salah satu favorit sebagian turis yang berkunjung, karena memiliki rasa yang enak. Ketika Anda berkunjung ke Korea, jangan lewatkan untuk mencicipi makanan yang satu ini.  

Itulah 7 jenis halal food di Korea yang bisa Anda nikmati ketika berkunjung ke Korea. Sebenarnya masih banyak lagi makanan halal yang ada di Korea. Biasanya, restoran-restoran halal di Korea memiliki ciri-ciri tertentu, salah satunya yaitu adanya tulisan halal. Semoga bermanfaat.