Liburan untuk seorang muslim di tempat-tempat yang tidak memiliki tradisi agama Islam mungkin menjadi hal sulit. Salah satu daerah yang bukan merupakan tempat mayoritas penganut agama Islam adalah benua Eropa. Namun keindahan dari benua Eropa yang berbeda dengan kebanyakan daerah muslim menjadi daya tarik tersendiri untuk dikunjungi.

     

Meskipun menjadi wilayah minoritas muslim, bukan berarti benua Eropa tidak memiliki tempat-tempat wisata khusus untuk kaum muslim. Berdasarkan hal tersebut, bagi seorang muslim yang tetap ingin berkunjung ke benua Eropa dapat dilakukan dengan memilih wisata halal. Dalam hal ini, terdapat beberapa negara di benua Eropa yang direkomendasikan untuk dikunjungi oleh kaum muslim.

   

Daftar Tempat Wisata Halal di Eropa

 

Tempat wisata halal tersebut menyediakan fasilitas yang dibutuhkan oleh kaum muslim seperti masjid dan makanan halal. Adapun negara-negara yang dapat dipilih untuk dijadikan wisata halal yaitu terdiri dari sebagai berikut ini.

 

1. Bulgaria

 

Perlu diketahui bahwa Bulgariamenjadi salah satu negara yang memiliki sejarah Islam di Eropa. Berdasarkan hal tersebut, pada zaman dulu negara ini pernah menjadi tempat tinggal bagi kaum muslim dengan jumlah cukup besar. Sejarah tersebut membuat negara ini sudah tidak asing lagi dengan kehadiran wisatawan muslim.

   
Salah satu bangunan Masjid di Bulgaria. Sumber foto : https://muslimtravelgirl.com/

Bulgaria memiliki dua masjid dengan arsitektur yang menawan yaitu Masjid Dzumaya di Plodiv. Sedangkan satu masjid lainnya berada di Shumen yaitu Masjid Tumbul. Tidak hanya itu, negara ini tentu juga memiliki berbagai makanan halal yang terletak di Sofia. Makanan yang tersedia pada tempat tersebut yaitu terdiri dari restoran Punjabi, restoran Turki, dan lain sebagainya.

 

2. Siprus

Negara lain yang direkomendasikan untuk wisata halal adalah termasuk dalam negara kecil di Eropa yaitu Siprus. Pada bagian utara dan selatan dari negara ini terdapat destinasi ramah muslim yang populer. Keramahan akan Islam disebabkan karena negara ini telah mendalami ajaran Islam sejak tahun 649 Masehi.

Masjid Lala Mustafa Pasha. Masjid ini awalnya adalah Katedral St Nicholas, namun diubah sejak Turki Usmani berhasil menduduki Farmagusta tahun 1572. Sumber foto: https://live.staticflickr.com/3880/14663707729_0bac01c28e_b.jpg
 
Interior yang awalanya berupa gereja diubah agar sesuai dengan fungsi barunya yaitu masjid. Sumber foto: https://mirandalovestraveling

Berdasarkan hal tersebut, negara ini menyediakan banyak pilihan akan restoran halal. Selain itu, Siprus juga memiliki beberapa masjid bersejarah yang dapat dikunjungi salah satunya yaitu Masjid Lala Mustafa Pasha.

 

3.  Rusia

Winter di Kazan, Rusia. Sumber foto:https://russiatrek.org

Siapa yang tidak mengenal salah satu negara terkenal di Eropa ini. Meskipun bukan termasuk negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Rusia memiliki beberapa destinasi wisata halal yang wajib dikunjungi oleh kaum muslim. Salah satu kota yang memberikan perpaduan karakteristis antara Eropa dan Asia adalah Kazan.

Masjid Qal Sharif adalah masjid terbesar di Rusia ketika didirikan tahun 2005. Sumber Foto: https://cdni.rbth.com/rbthmedia/images/2017.11/article/5a03e1fb85600a750c722407.jpg

Kota tersebut dapat dinikmati dengan cara berjalan kaki untuk bisa mendapatkan pengalaman terbaik bagi kaum muslim. Tidak hanyaitu, kota tersebut juga menyediakan banyak pilihan akan makanan halal. Selain itu, Rusia juga memiliki wisata religi yang dulu dijuluki sebagai masjid terbesar di Eropa yaitu Masjid Qolsharif.

 

4. Spanyol

Negara Spanyol juga menjadi daerah yang dulu pernah disinggahi oleh kaum muslim. Daerah yang menjadi pusat Islam di Spanyol akan hal tersebut adalah kota Cordoba. Salah satu ikon yang menonjol di kota ini akan kehadiran Islam adalah Masjid Agung Cordoba.

The Roman Bridge, Terletak di kota Cordoba.

Selain itu Corboda memiliki destisani wisata bersejarah yang bisa dikunjungi oleh kaum muslim. Adapun destinasi wisata lain yang dapat dikunjungi yaitu Istana Viana, Museo Romero de Torres, Alcazar.

 

5. Bosnia dan Herzegovina

Negara lain yang dapat kunjungi untuk wisata religi adalah Bosnia dan Herzegovina. Kedua tempat di Eropa ini juga memiliki berbagai destinasi wisata peninggalan Islam yang sangat menawan. Adapun destinasi wisata halal yang dapat dikunjungi yaitu Mostar dengan jembatan yang menjadi situs warisan dunia.

Tidak hanya itu, wisatawan juga dapat mengunjungi tempat wisata lainnya yaitu Sarajevo yang bisa memberikan suasana damai. Wisatawan juga tidak perlu khawatir dalam mencari makanan karena sudah tersedia berbagai restoran muslim yang dapat dipilih.

Stari Most atau MOstar Bridge adalah (dulunya yang dibangun kembali) Jembatan Ottoman pada abad ke 16. Jembatan ini menghubungkan antara kota Bosnia dan Herzegovina yang terpisah oleh sungai Neretva. Sumber Garmbar: https://travelade.com/bosnia/explore/tours/
Itulah beberapa tempat di Eropa yang menjadi wisata halal dan sangat direkomendasikan bagi kaum muslim. Dengan mengunjungi tempat-tempat wisata diatas maka keinginan untuk berlibur di Eropa sesuai dengan syariat Islam akan tetap dapat terwujud.